Wednesday, November 18, 2015

#BogorLeisureProject PLACE A: The Grounds Cafe & Patisserie

The Grounds Cafe & Patisserie merupakan cafe yang berlokasi strategis, yaitu di Jl. Raya Pajajaran no. 59A, Bogor. Tidak heran, cafe ini menjadi salah satu tempat favorit bagi wisatawan Bogor untuk menghabiskan waktu luangnya. Jam operasional dari cafe ini adalah mulai pukul 10.00-23.00 untuk hari Minggu – Kamis, sedangkan pukul 10:00-24:00 untuk hari Jumat & Sabtu. Ambience yang ditawarkan oleh The Grounds adalah homy-vintage dimana mereka ingin konsumen yang datang merasa bahwa The Grounds adalah rumah mereka sendiri. The Grounds juga menyiapkan spot – spot supaya konsumen dapat berfoto dan juga mereka membuat layout restaurant mereka senyaman mungkin untuk konsumen betah berlama-lama didukung dengan tersedianya WiFi.


Harga makanan dan minuman yang ditawarkan The Grounds berkisar antara Rp 20.000,- sampai dengan Rp 50.000,- yang merujuk kepada target pasar mereka yaitu ses A. The Grounds juga mempunyai beberapa channel promosi salah satunya adalah online media dimana mereka tergabung di zomato.com, facebook, twitter dan juga instagram.

Tetapi jika hanya dilihat dari tampilan luarnya, konsumen mengira The Grounds sebagai tempat untuk bersantai sambil meminum alkohol saja, dikarenakan tempatnya yg sedikit tertutup jika dilihat dari luar. Hal ini dapat berdampak pada keseganan orang untuk datang ke cafe tersebut. Karena tidak terlihat bahwa tempat tersebut juga menjual makanan dan minuman yang tersedia di cafe pada umumnya, tidak hanya alkohol.
"Awalnya sempet ngira ini tempat minum-minum doang gitu kan. Soalnya kayak dari luar kayak remang-remang. Terus pas temenku ngasih tau terus ngajak kesini baru deh tau ini cafe biasa aja gitu." -Davita
Konsumen juga merasa rekomendasi dari teman merupakan hal yang penting bagi kosumen The Grounds untuk meyakinkan mereka bahwa kafe tersebut tidak hanya menyajikan minuman, tetapi juga terdapat berbagai macam makanan yang berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau. Jadi gap pertama adalah persepsi masyarakat Bogor yang kurang tepat mengenai The Grounds itu sendiri.

Gap yang kedua adalah lingkungan dari The Grounds. Berbeda dengan lokasi, lingkungan merupakan hal-hal yang berada di dalam The Grounds. Konsumen merasa bahwa tampilan atau layout kafe tersebut pada saat malam hari kurang bagus karena pencahayaannya yang cenderung redup. Karena pencahayaan kurang, maka konsumen yang mengambil foto disana hasilnya akan kurang bagus pula. Padahal, sebagian anak muda terutama yang perempuan menyukai pergi ke kafe-kafe dengan salah satu tujuan utamanya adalah berfoto yang banyak.

No comments:

Post a Comment